Monday, January 23, 2012

melati




seperti kebanyakan anak perempuan lainnya, aku pun salah satu pencinta bunga tapi bukan penggila. Ya, yang aku suka dari bunga apalagi kalo bukan karena aromanya. wangi dan menyejukkan.. ternyata setiap bunga punya filosofi dan artinya masing-masing. nah, pada bagian ini aku mau ngenalin sedikit tentang si kecil nan wangi, bunga melati, yang hampir setiap pagi aku petikin dari halaman depan kosan :)

...Bunga Melati...
Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Di Indonesia, melati dijadikan sebagai "puspa bangsa" atau simbol nasional, karena bunga putih kecil yang harum ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini.

ternyata, hasil browsing dari beberapa referensi, menyatakan bahwa melati itu lambang kesucian dan kesederhanaan... "Warnanya yang putih bersih serta tidak mencolok, bunga ini melambangkan kesucian dan keelokan budi. Bunga Melati mengeluarkan aroma harum yang lembut dan tidak menusuk hidung memberikan makna dan kesan lembut, nyaman, dan tenang. Di samping itu, tumbuhan ini dapat tumbuh dengan mudah tanpa membutuhkan perawatan yang rumit dan berbunga sepanjang tahun..."

nah kalo dalam filosofi jawa bunga melati itu diartikan kayak gini => "Kembang MLATHI, rasa melad saka njero ati." yang maksudnya dalam berucap dan berbicara hendaknya kita selalu mengandung ketulusan dari hati nurani yang paling dalam. Lahir dan batin haruslah selalu sama, kompak, tidak munafik. Menjalani segala sesuatu tidak asal bunyi, tidak asal-asalan. Kembang melati, atau mlathi, bermakna filosofis bahwa setiap orang melakukan segala kebaikan hendaklah melibatkan hati (sembah kalbu), jangan hanya dilakukan secara gerak ragawi saja.

nah, kecil-kecil begitu gak banyak yang tau kalo melati ternyata punya segudang manfaat. beberapa diantaranya ialah untuk kosmetika, aroma terapi, teh, farmasi, bedak tabur, hingga penyembuh luka. waah.. :)

entah kenapa tiba-tiba aja terpikir untuk nulis tentang melati, tapi yang bisa aku share dari filosofi melati ini ialah bahwa segala sesuatu yang ada di bumi ini, diciptakan bukan tanpa maksud. bunga melati aja yang kecil punya banyak manfaat dan filosofi yang bagus - bagus. Nah, bagaimana dengan kita? :) (nyambung gak yaa?.. hmm asumsikan: nyambung! *walau agak maksa)


You can learn a lot of things from the flowers. There's a wealth of happiness and romance. –Alice (Alice in Wonderland)

4 comments:

  1. hahaha
    ak jg suka melati krn wangi dan kesederhanaannya. daripada dikasih buket bunga mawar, ak lebih suka dikasih melati. sayang ga ada buket bunga melati yo yak ._.
    hahaha

    ReplyDelete
  2. hooh.. nanti tak petik in melati di depan, terus di buat buket :)

    ReplyDelete
  3. ohh makanya kalo org nikahan make melati kalo ya, hehehe

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuanya.semoga selalu menjadi bagi semuanya. salam sukses selalu.Amin
    htt://karanganbungapapanblog.wordpress.com
    0812.4912.3012

    ReplyDelete