Saturday, July 21, 2012

Childlike NOT Childish!






"kamu tuh childish banget sih!" pernah gak dibilang kayak gitu?
kalo aku jawabnya : pernah! bahkan seringkali.

Tapi, menurutku aku sendiri gak begitu childish deh (pencitraan), bersyukur aku masih bisa mandiri dan gak annoying. Ya memang sih aku masih sering nonton film kartun sejenis Spongebob di usia ku yang sekarang sebagai mahasiswi *abis lucu sih, emang salah gitu?*. Tapi apakah itu aja yg jadi parameter untuk layak dibilang childish?

Well, we were all born a child. Kita semua pasti pernah merasakan jadi anak-anak. Kita pun pasti udah puas bisa merasakan bahagianya masa-masa kecil kita. Bisa manja-manjaan sama ortu, ngambek seenaknya, nangis kapan aja, dan ngusilin temen-temen kita :p. But as time goes by, manusia beranjak dewasa dan harus menjalani fase hidup yang lebih serius dan penuh tanggung jawab. Tapi kadang gak sedikit dari kita (bahkan aku juga) masih belum realize kalo ini tuh udah saatnya aku moveon dari masa anak-anak.

Ya seperti kebanyakan manusia, paling susah kalo disuruh bersyukur. Dulu waktu kecil pengen cepet-cepet sekolah, begitu masuk TK, pengen cepet-cepet masuk SD, begitu SD pengen cepetan SMP, terus ngeliat kakak-kakak SMA pengen juga cepet-cepet SMA, pengen cepet-cepet kuliah, begitu kuliah pengen cepet-cepet kerja, nikah, punya anak 2 *eh* Tapi saat kita udah mencapai yang diinginkan sering kan pengen kembali kemasa lalu. Kayak sekarang nih, dulu waktu SMA aku pengen banget bisa cepet-cepet kuliah. kayaknya keren gitu bisa jadi anak kuliahan, bosen 12 tahun jadi anak sekolahan. Tapi.. setelah jadi anak kuliahan, eh pengen lagi balik SMA bahkan pengen lagi balik jadi anak TK.
Nahlo, pernah gak ngerasa gitu? Nah itu, artinya belum bisa nerima kenyataan kalau kita udah beranjak dewasa dan punya tanggung jawab besar sama hidup kita sendiri nantinya.



*back to topic*

So, what is childish? Honestly, it’s not easy defining what childish is. Childish itu beda banget sama child-like, atau sifat-sifat yang yang dipunyai anak-anak, kaya innocent, trusting, unfeigned, dan pure. Childish punya konotasi negative, dimana seseorang yang udah dewasa masih bersikap immature dan sering bertingkah kaya anak-anak. Berikut ini nih beberapa ciri-cirinya:

  • Manja! Maunya serba dilayani dan gak mandiri. Sering ngeluh kalau ketemu sesuatu yang bikin repot atau gak nyaman 
  • Irresponsible. Sering lalai ngerjain kewajiban dan tanggung jawab. Kalau melakukan kesalahan, nggak mau nanggung resikonya 
  • Self-Centered. Kalo pengen sesuatu harus segera terpenuhi (emangnya bayi). Nggak mau ngalah dan selalu memikirkan dirinya sendiri. 
  • Gampang Ngambek. Moody! Gampang marah, dan mudah tersinggung sampai kadang-kadang jadi cengeng. 
  • Love to play around Selalu ingin bersenang-senag. Nggak punya pendirian alias plin-plan. Susah ngambil keputusan dan sering terpengaruh sama omongan orang lain 
  • Too lazy too think. Terlalu males buat mikir, bikin target hidup, atau melakukan tindakan untuk mewujudkan keinginan. 


Childish boleh aja, bahkan emang perlu untuk beberapa situasi. Tapi childish yang berlebihan lama-lama bikin sebel juga yang denger dan ngadepinnya!

Aku jadi inget sama statement dari salah satu dosenku: "Jangan matikan sifat anak kecil Anda!" Ya. sifat anak kecil bukan sifat kekanak-kanakan. It means CHILD-LIKE NOT CHILDISH! ya sifat anak-anak yang seperti di gambar di atas emang perlu dikembangkan. sifat imajinatif buat hidup kita lebih hidup, gak monoton! Jujur juga sangat perlu dikembangkan.

Sometimes, kita memang nggak perlu terlalu serius menanggapi kehidupan. Sisi kekanak-kanakan kita bisa bikin hidup lebih berwarna dan bahagia. Maka itu, boleh aja sekali-sekali manja-manja sama pacar (kalo punya), nggak mau ngalah kakak/adik, atau being spontaneous sekedar untuk bersenang-senang sama teman-teman. Tapi karena kita udah bukan anak-anak lagi, hal tersebut harus di seimbangkan dengan sikap dewasa. Yaitu dengan smart dalam memposisikan diri. Termasuk menahan sifat kekanak-kanakan yang kadang suka muncul di waktu yang nggak di duga. So, pada dasarnya, you need to be childish, sometime asal tujuannya dan waktunya tepat, juga nggak ngerugiin orang lain.


It’s Not Easy Being Adult!

Waktu kecil, kita pengen cepet-cepet gede, tapi pas gede pengen jadi anak kecil lagi. Hmhhhh…..dari pada holding on to your comfort-child-zone, mendingan persiapkan diri menghadapi usia dewasa. Semuanya butuh proses. Sama seperti bejana yang sedang dibentuk mau jadi apa nanti, tergantung dari kita menyikapi hidup :)

Akupun masih berusaha untuk bisa menjadi dewasa, mengurangi image childish, dan berusaha menjadi seorang wanita dewasa yang tetep cute and childlike :3

4 comments:

  1. ecieeehhhhh,, yg processes menuju dewasa.. jgn lupa cari pasangan hidup ya *eh hahaha
    like this bebeb :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. thankyou sist :D
      pasangan hidup gak perlu dicari, nanti jg datang sendiri. I'm lady in waiting :)

      Delete
  2. hai tia....nice posting...thx ya udh baca bukuku:)

    ReplyDelete
  3. I'm so blessed read your statements about childish that should be change into childlike when being adult. Keep cute and childlike tho!
    Gbu sis Tia.

    ReplyDelete