Sunday, May 27, 2012

Let's Go Green, friends!


Sadar atau gak sadar kita sering terlalu idealis dan "muluk-muluk" (entah apa bahasa Indonesianya) dalam kampanye go green. Sebenarnya gaya hidup ramah lingkungan bisa dilakukan dengan praktek yang sangat simple dan dekat dengan kita, salah satunya ialah penggunaan kantong plastik. Hampir setiap hari kita bertemu dengan barang ini, saat belanja ke supermarket, beli makanan di warung atau restoran, dan berbagai aktivitas lainnya, hampir semuanya tidak terpisahkan dengan yang namanya kantong plastik. Padahal, seperti kita ketahui bahwa kantong plastik merupakan salah satu barang yang bahannya sangat susah untuk diuraikan dan butuh waktu yang lama untuk menguraikan sampah plastik. Jadi bisa dibilang kantong plastik merupakan barang yang kurang ramah lingkungan. Nah, buat kamu yang cinta sama lingkunganmu bisa mulai dari hal-hal kecil seperti pada poster diatas yang saya dapat dari web yahoo.co.id

  1. Bawalah reusable bag sendiri ketika berbelanja
  2. Hindari take away, makan ditempat akan lebih baik jika bisa
  3. Hindari pemakaian trash bag (kantong plastik khusus sampah), lebih baik gunakan kantong plastik yang tersisa dirumah. Hal ini berarti kita membantu mengurangi konsumsi plastik, dengan memanfaatkan kantong plastik yang sudah ada.
  4. Satukan belanjaan dalam satu kantong plastik sendiri.
  5. Mendaur-ulang kantong plastik dengan berbagai cara yang kreatif.
Nah, contoh di atas hanya beberapa contoh kecil saja yang  bisa kita lakukan untuk mengurangi konsumsi plastik dalam kehidupan kita sehari-hari. Masih ada banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah plastik. Dengan hal-hal kecil seperti ini bisa berdampak besar bagi keselamatan bumi kita. Yuk kita mulai dari diri kita sendiri. :)
Let's Go Green!! :)

No comments:

Post a Comment